Home » » Beberapa Pilihan Bahan Material untuk Velg Mobil

Beberapa Pilihan Bahan Material untuk Velg Mobil

Jakarta (OTO) - Ada berbagai jenis bahan atau material untuk pembuatan velg, yangmana sangat mempengaruhi ketahanan, berat, dan tampilan velg tersebut. 

Sementara berat velg akan sangat berpengaruh pada performa mobil, mulai dari handling, akselarasi hingga kemampuan pengereman.

Velg Baja (Steel)
Velg dengan material baja, lebih dikenal dengan sebutan velg kaleng, walaupun sesungguhnya velg tersebut terbuat dari baja yang merupakan perpaduan material (alloy) besi dan karbon. 

Jenis velg ini adalah salah satu jenis velg terkuat, jika dibanding dengan jenis material velg lainnya, namun karena memilliki berat yang lebih dibaning dengan materail lainnya, akan mempengaruhi performa mobil. 

Sementara velg jenis ini juga memiliki fleksibilitas desain yang minim., dengan kata lain, pilihannya tidak jauh dari bentuk kaleng yang berlubang-lubang.

Velg Alumunium
Velg jenis ini adalah jenis yang populer, menggantikan velg baja yang identik dengan mobil klasik atau retro.

Sedangkan Velg alumunium (alloy) terdiri dari paduan alumunium, magnesium, dan nickel, yang memungkinkan memiliki ketahanan yang lebih kuat, tetapi dengan bobot yang lebih ringan. 

Karena bahan dasarnya, maka velg jenis ini lebih mudah untuk dibentuk menjadi berbagai jenis desain.

Ketahanan dan desain, menjadi alasan velg ini banyak dipilih, atau digemari oleh penggemar otomotif, sehingga velg jenis ini, hingga kini adalah velg yang paling populer dikalangan penggemar otomotif.

Velg Magnesium
Velg jenis ini memang tidak sepopuler dua jenis velg di atas, atau jarang pua dijumpai di pasaran.

Sementara velg jenis ini sebenarnya justru lebih kuat, dan lebih ringan jika dibanding dengan alumunium. Lebih dahsyatnya lagi, velg magnesium memiliki kemampuan yang lebih untuk meredam guncangan, dan panas (dari rem).

Kekurangannya dari velg jenis ini, karena lebih rentan terhadap korosi. Olehkarenanya, velg magnesium lebih digunakan untuk keperluan balapan.

Miitos yang berkembang di masyarakat, bahwa velg magnesium mudah terbakar, hal ini dapat dipastikan tidak benar. Oerang menganggap demikian, karena memang magnesium adalah senyawa yang mudah terbakar, tetapi nyatanya velg magnesium ini bukan dibuat dari magnesium murni, meainkan campuran dari material-material lainnya, seperti alumunium, yang membuat velg magnesium tidak mudah terbakar.

Velg Carbon
Velg jenis ini adalah velg yang teringan dibanding 3 velg di atas, karena seperti kita tahu, bahwa carbon fiber adalah material yang ringan dan kuat yang seringkali menjadi material chassis serta body dari mobil-mobil supercar.

Koenigsegg adalah produsen pertama, yang membuat velg carbon  untuk mobil supercar, Regera, kemudian Ford dengan Mustang Shelby GT350R, kemudian disusul oleh Porsche 911 Turbo S Exclusive Series.

Thanks for reading & sharing OtO Tangerang

Newest
You are reading the newest post

OTO Tangerang

Populer